5 Keutamaan Umrah untuk Menjadi Muslim yang Lebih Baik

by 8 March 20240 comments

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

In the name of God, the Most Gracious, the Most Merciful.

Menginjakkan kaki di Tanah Suci menjadi impian semua umat Muslim di seluruh dunia. Namun karena keterbatasan, tidak semua orang dapat dengan mudah menunaikan ibadah haji di Mekah.

Umrah pun menjadi alternatif yang kerap dilakukan, terutama bagi umat Muslim di Indonesia yang harus menanti bertahun-tahun untuk bisa berangkat haji. Setiap tahun, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia melakukan perjalanan suci ini, mencari pengampunan, pengalaman spiritual, dan tentunya, berkah yang berlimpah. Tak heran jika Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa sepanjang 2023, Arab Saudi melayani lebih dari 13,5 juta jamaah umrah dari seluruh dunia.

Perjalanan ibadah yang seringkali disebut sebagai ‘haij kecil’ ini memang memiliki makna penting dalam Islam. Simak bagaimana perjalanan spiritual ini memperkaya hati dan jiwa, serta dapat membuat kita menjadi seorang Muslim yang lebih baik.

Meningkatkan Iman 

Saat memutuskan berangkat umrah, tentunya kita sudah menyiapkan diri untuk menjadi tamu Allah. Sebagai jemaah, sebisa mungkin kita berusaha menunaikan tata cara umrah dengan ikhlas dan khusyuk. Setiap langkah pelaksanaan ibadah umrah, mulai dari berihram, tawaf, sa’i dan tahalul, kita pelajari. Begitu juga dengan doa-doa yang mungkin awalnya kita tidak hafal, kini menjadi hafal di luar kepala. Semua ikhtiar ini membuat kita semakin meningkatkan iman.

Penyucian Jiwa

Saat melaksanakan ibadah umrah dan menunaikan tata caranya, kita memohon pengampunan atas dosa-dosa, membersihkan hati dari gangguan duniawi, dan berusaha mencapai kemurnian spiritual di hadapan Allah.

Rasulullah SAW bersabda:

“Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga.” (HR. Imam at-Tirmidzi)

 

Membangun Kerendahan Hati dan Rasa Syukur

Ketika memanjatkan doa kepada Allah di Masjidil Haram yang megah dan memandang Kabah yang suci, kerap membuat kita merasa kecil di hadapan Allah. Ini juga membuat kita selalu ingat untuk tetap rendah hati dan mensyukuri rahmat dari Allah SWT yang tak terhitung jumlahnya. 

 

Memperdalam Hubungan Spiritual

Umrah memberikan kita kesempatan untuk memperdalam hubungan spiritual dengan Allah SWT. Saat umrah, kita akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk refleksi diri, memohon ampun, salat, dan berdoa. Saat beribadah inilah kita merasakan momen kedekatan yang lebih mendalam dengan Allah. Kita memanjatkan doa untuk meminta rahmat-Nya dan memohon ampunan atas dosa-dosa kita.

Rasulullah SAW bersabda,

“Orang yang mengerjakan haji dan umrah merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya.” (HR. Ibnu Majah).

 

​​Menata Prioritas 

Bagi banyak jemaah, umrah berfungsi sebagai momen introspeksi dan refleksi diri. Pengalaman beribadah di Tanah Suci mendorong diri untuk mengevaluasi kembali kehidupan, niat, dan prioritas hidup. Sepulang umrah banyak jemaah yang jadi ingin lebih mendalami Islam, lebih banyak beribadah dan beramal, serta bertekad menjadi mukmin yang lebih baik. 

 

Ramadan Penuh Berkah,
Raih Kesempatan Berangkat Umrah

Di bulan Ramadan ini, Muslim Pro bersama AQUA mempersembahkan giveaway berupa perjalanan umrah GRATIS bagi para pengguna aplikasi Muslim Pro. Setiap pengguna baru yang berlangganan Premium Tahunan berkesempatan untuk memenangkan paket perjalanan umrah yang disponsori oleh AQUA ini. Caranya pun mudah. 

  1. Langganan Premium Tahunan.
  2. Follow akun Instagram Muslim Pro di @muslimproofficial
  3. Ceritakan pengalaman mempelajari Al-Quran menggunakan fitur Al-Quran baru Muslim Pro (Learn, Immerse, Memorise) dan manfaatnya bagi Anda di kolom komentar.
  4. Mention @muslimproofficial dan @sehataqua, beri hashtag #MyQuranJourney #AQUADULU
  5. Periode kontes 8 Maret – 9 April 2024.

Tiga orang pemenang beruntung berhak atas perjalanan umrah untuk 2 orang bagi masing-masing pemenang. 

Jangan lewatkan dan kami tunggu partisipasinya! 

About The Author

Hessy Trishandiani

Hessy Trishandiani is from the Muslim Pro team based in Jakarta, Indonesia. Bringing her experience in media to her role, she is passionate about exploring culinary delights and traveling to exotic destinations. She embodies a spirit of adventure and curiosity, always eager to expand her knowledge and skills. Dedicated to continuously enhancing her abilities, she strives to create engaging Muslim narratives that resonate with audiences worldwide.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *